Jenis Jenis Pakan Kelinci yang baik

Jenis Jenis Pakan Kelinci

Kelinci adalah hewan tidak dapat mencerna serat-serat dengan baik. Ia memfermentasikan pakan di usus belakangnya di mana proses fermentsi itu terjadi di bagian caecum atau bagian pertama usus besar.
Pemberian pakan yang salah pada kelinci bisa menyebabkan kelinci mencret dan yang bahaya kelinci bisa mati, nah untuk menghindari hal itu saya ingin membagikan sedikit ilmu yang saya kumpulkan dari berbagai sumber salah satunya dari
Rizkie Wibowo di grup Pecinta Kelinci tentang pakan kelinci yang baik


Jenis jenis pakan kelinci

  • Hijauan, sebagai makanan pokok kelinci lazim di berikan oleh peternak kelinci tradisional. Pakan hijauan yang diberikan antara lain rumput lapangan, limbah sayuran (kangkung,sawi,wortel,lobak,caisim,kol, daun singkong),daun kacang tanah, daun dan batang jagung, daun pepaya, talas, dll).  
  • Hay adalah rumput awetan yang dipotong menjelang berbunga. Rumput itu di keringkan secara bertahap sehingga kandungan gizinya tidak rusak, sekaligus mempertinggi kadar kandungan serat kasarnya.
  • Biji-bijian Biji-bijian berfungsi sebagai makanan penguat. Pakan ini diberikan terutama untuk kelinci bunting dan yang sedang menyusui. Jenis pakannya bisa jagung, padi, gandum,kedelai,kacang tanang, dan kacang hijau. Biji-bijian itu sebaiknya digiling atau ditumbuk lebih dulu. 
  • Umbi-umbian Ubi jalar, songkong, uwi, talas dan umbi-umbi lainnya dapat diberikan untuk kelinci sebagia pakan tambahan. Sebaiknya umbi yang beracun seperti singkong jangan diberikan mentah, tapi sudah direbus dulu atau dikeringkan menjadi gaplek.  
  • Konsentrat dalam peternakan kelinci berfungsi untuk meningkatkan nilai gizi pakan dan mempermudah penyediaan pakan. Konsentrat sebagai ransum diberikan sebagai pakan tambahan atau pakan penguat, kalau pakan pokoknya hijauan.  

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis Jenis Pakan Kelinci yang baik"

Post a Comment